You Are Here: Home » Ide & Peluang Usaha » Prospek Cerah, Budidaya Buah Plum

Prospek Cerah, Budidaya Buah Plum

2548_manfaat_buah_plum_untuk_tulangBagi sebagian masyarakat Indonesia, Buah Plum atau buah yang memiliki nama popular Prunus Domestica ini mungkin masih belum banyak dikenal. Ada dua jenis buah plum di dunia ini, yaitu plum Eropa dan Plum Asia Barat.

Plu Eropa memiliki cirri berwarna merah tua keunguan, agak empuk, manis, namun kurang berair. Sementara Plum Asia Barat berwarna hijau kekuningan dan merah merata, rasanya asam manis dan memiliki kandungan air yang besar.

Meskipun berbeda, kedua jenis buah plum ini memiliki manfaat yang besar, karena mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, plum dapat menangkis serangan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan memiliki zat anti-kanker.

Di Indonesia, sudah mulai banyak yang tertarik menekuni dunia pembibitan buah plum. Kendati demikian, pasar bibit buah plum ini masik berkutat di kalangan kolektor. Salah satu pembudidaya buah plum adalah Febriaso Widowo selaku pemiliki PT Gaharu Nusantara Realty yang berpusat di Semarang.

Febri sudah membudidayakan buah plum sejak tahun 2008. Dan dia memfokuskan diri pada pengembangan bibit Plum Eropa. Tanaman Plum Eropa menurut Febri masih tergolong jarang di Indonesia. Buah plum yang memiliki sejuta manfaat, khususnya untuk obat, masih belum banyak yang dilirik oleh para petani. Inilah yang kemudian digarap Febri untuk memaksimalkan buah Plum ini.

Febri memasarkan bibit tanaman plumnya melalui media online. Ia menjual bibit plum berukuran 25 cm – 35 cm berusia tiga bulan dengan harga Rp 25 ribu per bibit. Dalam sebulan omset yang di dapat Febri bisa mencapai penjualan 2.000 – 3.000 bibit plum atau setara dengan Rp 50 juta sampai Rp 75 juta.

Untuk mengembangkan bibit buah plum ini rata-rata menggunakan metode cangkok. Dengan metode cangkok buah plum bisa berbuah setelah enam bulan di tanam. Jika penanaman daro bibi, biasanya buah ini baru menghasilkan setelah berusia dua tahun. Namun, harga bibir cangkok biasanya agak mahal. Salah satu petani buah plum dari Bogor, Denny Ardian membanderol bibit buah plum cangkok dengan harga Rp 175 ribu hingga Rp 250 ribu per batang.

About The Author

Number of Entries : 28

Leave a Comment

© 2008 - 2013 IT Konsultan oleh Indodeveloper.com & Hosting dari DonasiHosting.com - Portal Wirausaha & Direktori UKM Terbaik PlazaID.com

Scroll to top